5 Khasiat Buah Kurma yang Jarang Diketahui

 
Saat Ramadhan, Anda akan sering menjumpai buah kurma yang dijajakan. Mulai dari di pasar, mall, toko buah, hingga penjaja takjil pinggir jalan. Buah kurma memang mendadak populer saat bulan puasa. Di balik kepopulerannya, tentu saja buah ini menyimpan sederet manfaat. Bahkan Anda bisa menikmatinya dalam bentuk sari kurma.
 

Khasiat Buah Kurma

Khasiat buah kurma memang sudah tidak diragukan lagi untuk kesehatan tubuh. Hal ini dilatarbelakangi oleh sejumlah nutrisi yang berguna untuk tubuh di dalam buah kurma. Sehingga, Anda akan merasakan sejuta manfaat saat makan buah ini. Yuk lihat khasiat apa saja di dalam buah kurma.
 

1. Sebagai Sumber Energi

Saat puasa tubuh akan kehilangan banyak energi, begitu pula cairan. Terkadang, menyantap beberapa butir buah kurma saat buka puasa sudah cukup mengganti rasa lapar. Karena buah kurma mengandung nutrisi tinggi. Nutrisi yang terdapat pada buah kurma mampu memenuhi asupan gizi, begitu juga kalori. Nutrisinya yang tinggi disebabkan oleh pengeringannya yang lebih lama dibandingkan buah lain.
 
Akibat pengeringannya yang lama, maka kalori di dalam buah kurma meningkat. Kalori ini mengandung banyak karbohidrat, vitamin, protein, dan mineral. Buah kurma juga baik untuk mengganti elektrolit tubuh yang hilang, terlebih jika Anda berpuasa. Kurma memiliki kadar potasium yang besar. Sehingga, hal ini berfungsi sebagai pembangun otot untuk menguatkan tubuh.
 

2. Melancarkan Persalinan Normal

Khasiat selanjutnya yakni buah kurma berkontribusi dalam membantu persalinan normal. Hal ini tentu saja perlu dilakukan oleh ibu hamil. Dengan mengonsumsi buah kurma setiap hari, persalinan normal akan bisa dilakukan dengan lancar. Karena buah kurma memiliki senyawa yang bisa melebarkan leher rahim. Sehingga, kontraksi tidak akan terasa sakit.
 

3. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Untuk Anda yang memiliki masalah sistem pencernaan, tak perlu risau lagi. Anda bisa mulai mengonsumsi buah kurma setiap hari untuk menjaga sistem pencernaan. Karena buah kurma mengandung serat tidak larut yang tinggi. Seratnya berguna untuk menghambat timbulnya konstipasi. Selain itu, serat mampu membuat usus bergerak lebih teratur dalam memproduksi feses.
 

4. Mengendalikan Gula Darah

Meski rasanya manis dan legit, buah kurma justru berperan aktif dalam melawan resiko diabetes. Hal ini dikarenakan serat di dalamnya mampu mengontrol kadar gula dalam darah. Sehingga, bagi penderita diabetes bisa menggunakan sari kurma sebagai pengganti gula. Namun Anda juga harus memastikan di dalam kemasan sari buah kurma tersebut tidak mengandung pemanis buatan, ya.
 

5. Menambah Kesuburan

Bagi pria dan wanita yang sudah menikah, kesuburan menjadi hal penting untuk dimiliki. Karena jika suami atau istri mengalami ketidaksuburan, tentu akan sulit untuk mendapatkan keturunan. Dengan mengonsumsi buah kurma setiap hari, kesuburan bisa tercapai. Hal ini dikarenakan kandungan asam amino dalam buah kurma baik untuk kesuburan.
 
Buah ini telah lama dinobatkan sebagai obat ketidaksuburan di daerah Timur Tengah. Di wilayah tersebut, buah kurma diambil biji dan serbuk sarinya untuk diekstrak. Kedua bagian tersebut mengandung zat yang baik untuk memperbesar kadar hormon pada pria dan wanita.
 
Demikian manfaat buah kurma yang jarang diketahui orang kebanyakan. Tak hanya legit, buah ini ternyata memiliki khasiat yang luar biasa. Apakah Anda ingin mencicipinya sekarang? Kini sudah tersedia dalam bentuk sari kurma juga lho.

Belum ada Komentar untuk "5 Khasiat Buah Kurma yang Jarang Diketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel