Info SehatQ tentang 5 Penyebab Hidup Tersumbat pada Anak


Anak-anak lebih mudah terkena sakit dibandingkan orang dewasa. Dikutip dari SehatQ.com pada kanal forum tanya dokter, sakit yang dialami oleh setiap anak berbeda. Salah satu sakit tersebut adalah hidung tersumbat.
 
Penyumbatan hidung pada anak-anak dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti reaksi alergi, adanya peradangan, dan terkena infeksi. Hidung tersumbat bisa saja merupakan gejala dari suatu penyakit yang lebih serius.
 

Hidung Tersumbat Pada Anak

Ada beberapa kondisi pada hidung yang memungkinkan mengapa hidung anak-anak sering tersumbat.
 

1. Pilek atau flu

Saluran pernapasan melalui hidung memiliki selaput yang berfungsi untuk menyaring udara. Apabila terdapat udara kotor yang bisa saja membawa virus, maka selaput tersebut akan meradang. Ketika hal itu terjadi, saluran pada hidung akan memproduksi lendir untuk melindungi diri, tetapi lendir ini dapat menyumbat pernapasan anak Anda.
 
Pilek atau flu dapat sembuh dengan sendiri jika badan memiliki sistem imun yang baik. Untuk mengatasi hidung tersumbat, Anda dapat menggunakan alat pelembab udara atau humidifier di dalam ruangan. Jika tidak ada, Anda dapat mengarahkan anak-anak untuk menghirup uang air hangat.
 
Jika perlu obat, pilihlah obat yang mengandung dekongestan dan paracetamol. Dekongestan berfungsi untuk meringankan pembengkakan karena penyumbatan hidung. Paracetamol digunakan untuk meringankan sakit, terutama peradangan pada tenggorokan dan demam. Apabila belum membaik, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter anak untuk penanganan lebih lanjut.
 

2. Alergi

Dikutip dari SehatQ.com pada kanal tanya dokter, alergi juga menyebabkan adanya hidung tersumbat. Perlawanan tubuh pada alergen memicu pembentukan lendir di hidung sehingga menyumbat jalur pernafasan.
 
Alergi bisa datang dari mana saja tergantung pada kerentanan tubuh terhadap alergen atau pemicu. Misalnya dari makanan, dari udara dingin, dari bulu dan rambut hewan, atau dari polusi.
 
Kondisi hidung tersumbat dan seperti gejala flu ini cukup berlangsung agak lama. Hal ini karena sistem imun sedang bereaksi terhadap benda asing yang masuk ke dalam tubuh. Untuk meredakan alergi, Anda dapat menggunakan obat antihistamin sehingga dapat mengendalikan zat histamin yang berlebihan.
 

3. Hay Fever

Hay fever juga disebut sebagai alergi terhadap serbuk sari. Alergi ini muncul pada saat-saat musim tertentu, terutama apabila ada banyak bunga bermekaran. Sama dengan alergi, hidung tersumbat merupakan reaksi pada tubuh karena sistem imun sedang bekerja.
 
Sama dengan alergi, hay fever dapat dikendalikan dengan obat-obat yang mengandung antihistamin untuk mengendalikan alergi. Obat ini akan mempermudah jalur pernafasan sehingga anak Anda dapat bernafas lebih lega.
 

4. Sinusitis Kronis

Penyebab hidung tersumbat tetapi bukan karena flu dan alergi bisa jadi adalah tanda dari sinusitis kronis. Kondisi ini akan menyebabkan bagian dalam rongga pernapasan melalui hidung membengkak dan meradang. Biasanya, kondisi tersebut berlangsung lama selama kurang lebih 12 pekan.
 
Penyakit ini merupakan suatu infeksi di mana ada pertumbuhan jaringan di dalam polip hidung atau sinus. Infeksi ini menyebabkan penumpukan lendir pada hidung yang dapat mengakibatkan kesulitan bernapas.
 
Gejala sinusitis selain hidung tersumbat adalah adanya lendir atau cairan kental dari belakang tenggorokan dengan warna hijau atau kuning keruh. Selain itu, tanda yang terlihat berasal dari pembengkakan pada wajah antara lain di pipi, mata, dan dahi. Gejala lainnya juga dapat timbul seperti sakit tenggorokan, batuk, dan sakit pada rahang atas, sakit gigi.
 

5. Polip Hidung

Sumbatan di hidung dapat pula terjadi karena polip hidung, yaitu adanya pertumbuhan jaringan di saluran hidung. Meski sering kali pada orang dewasa, tetapi anak-anak dapat terkena penyakit ini meskipun jarang.
 
Belum dapat dipastikan apa yang menyebabkan polip hidung, tetapi banyak ahli yang menduga bahwa pemicu dari penyakit ini adalah alergi. Oleh karena itu, gejalanya mirip dengan flu atau alergi pada umumnya. Bedanya, penyakit ini susah untuk sembuh. Segeralah periksa ke dokter apabila anak Anda tidak kunjung sembuh dari pilek.
 
Penanganan hidung tersumbat pertama dapat dilakukan di rumah. Flu atau alergi biasanya akan sembuh sekitar tujuh hingga 10 hari. Untuk menanyakan hal ini, Anda dapat menggunakan SehatQ.com pada kanal tanya dokter agar mendapat jawaban dari dokter secara langsung.

Belum ada Komentar untuk "Info SehatQ tentang 5 Penyebab Hidup Tersumbat pada Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel