Skema Booking Fee yang Anda Harus Ketahui Dulu Sebelum Beli Rumah


Dalam proses transaksi pembelian property, terutamanya untuk property baru, sering pengembang mewajibkan calon konsumen untuk memberi booking fee atau uang sinyal jadi. 

Apa sebetulnya basic penetapan booking fee, serta berapakah uang yang perlu dibayar? Merilis Rumah123, diterangkan tentang apa sebetulnya basic penetapan booking fee, serta berapakah uang yang perlu dibayar? 

1. Pemahaman booking fee 

Dengan harfiah, booking fee adalah pembayaran berbentuk beberapa uang jadi loyalitas pesan unit property tersendiri. Kamus Arti Perumahan terbitan Direktorat Jenderal Pembiayaan Perumahan (2017), menerangkan jika booking fee ialah bukti keseriusan konsumen untuk beli rumah. 

Seperti dengan booking fee, dalam praktik pemasaran property diketahui Nomer Urut Pemesanan dipersingkat akronim NUP. NUP umumnya dipakai beberapa developer untuk tahu kondisi pasar. Dengan NUP, developer dapat tahu tanggapan pasar atas project yang sedang dibuat. 

2. Harga yang diputuskan untuk booking fee 

Harga yang diputuskan setiap pengembang akan berlainan, dari mulai Rp500.000 untuk tempat tinggal murah, sampai sampai Rp25 juta untuk tempat tinggal elegan. Bila pembelian berlangsung, booking fee bisa kurangi harga pembelian. 

Tetapi, Bila calon konsumen gagal beli unit, umumnya uang booking fee akan dikembalikan. Tetapi ada pula pengembang yang tidak kembalikan booking fee walau calon konsumen gagal beli unit. 

3. Booking fee belum ditata dengan sah 

Tetapi sebetulnya, booking fee tersebut belum ditata dengan sah oleh pemerintah. Seperti yang dikutip papua.usaha.com, seseorang masyarakat Indonesia yang sudah lama tinggal di Hong Kong menjelaskan jika dianya merasakan kebingungan waktu akan beli satu diantara unit apartemen di Jakarta. Ini sebab umumnya beberapa negara di luar Indonesia yang tidak mengaplikasikan NUP atau booking fee untuk dapat beli property. 

4. Kelebihan dari booking fee 

Buat pengembang, NUP serta booking fee bisa memberi banyak faedah. Contohnya tahu pasar dari project yang sedang dibuat. Pengembang dapat menaikan harga serta memakai data unit yang terjual untuk menarik pasar yang semakin besar. Sedang buat konsumen, harga property untuk pemegang NUP semakin lebih murah dibanding harga normal. Karena, terdapat beberapa promosi yang ditawarkan oleh pemegang NUP.

Belum ada Komentar untuk "Skema Booking Fee yang Anda Harus Ketahui Dulu Sebelum Beli Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel