Cek Selalu Oli Mesin Motor Secara Berkala Dengan 6 Langkah Berikut


Oli adalah salah satunya cairan dengan peranan penting pada suatu kendaraan bermotor. Tanpa elemen ini, mesin pada motor tidak bisa jalan. Hal tersebut karena gesekan antar besi akan membuat elemen dalam mesin aus serta selesai pada kehancuran. 

Sebab penting, pemilik harus memeriksa oli dengan periodik. Lebih, sifatnya yang cair serta dapat menguap dapat membuat volume oli pada motor menyusut dan habis jika dibiarkan. 

Untuk tahu langkah cek oli yang benar, tersebut langkah gampang. 

1. Parkir Motor 

Parkir motor pada permukaan rata, supaya kualitas penelusuran oli lebih tepat. Sebab permukaan oli memastikan kesejajaran cairan oli yang ada di mesin. 

2. Pakai Standard Tengah 

Masih dengan fakta yang sama, memakai standard tengah mempunyai tujuan supaya pengukuran atau penelusuran dikerjakan lebih tepat. 

3. Dinginkan Mesin 

Oli akan langsung kerja saat mesin menyala. Oleh karenanya, saat motor barusan dimatikan, oli mesin bisa terlibat di part – part yang memerlukan pelumasan. 

Adanya usaha untuk mendinginkan mesin, oli akan turun serta mempermudah waktu lakukan penelusuran. 

4. Membuka Penutup Oli Mesin 

tahap selanjutnya membuka tutup oli mesin. Umumnya untuk buka penutup oli mesin pemilik kendaraan akan memerlukan tang. 

Membuka dengan perlahan-lahan supaya tutupnya tidak lecet terserang gesekan. Kemudian, pemilik kendaraan akan temukan stik panjang di tutup oli. 

5. Membersihkan Ujung Penutup Oli 

Stik itu bernama deepstick. Manfaatnya, untuk mengukur seberapa jauh oli mesin berkurang. Sebelum dipakai untuk memeriksa oli, membersihkan dahulu deepstick dengan lap. Kemudian tutupkan tutup oli dengan perlahan-lahan. 

6. Cek Ketinggian Oli 

Cek ketinggian oli, pakai deepstick serta lihat tanda upper level atau lower level. Bila bercak oli masih berada di wilayah upper level, karena itu pemilik tidak butuh cemas. Tetapi bila telah berada di lower level, bermakna perlu penambahan oli mesin. 

Janganlah lupa untuk cek warnanya. Jika masih kuning kecoklatan, kondisi oli mesin masih dapat dipakai lebih lama . Tetapi bila telah kehitam–hitaman, sebaiknya untuk selekasnya ganti oli.

Belum ada Komentar untuk "Cek Selalu Oli Mesin Motor Secara Berkala Dengan 6 Langkah Berikut"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel