Cara Pakai Motor Kopling Saat Berada di Tanjakan dan Turunan


Motor kopling mempunyai daya tarik buat pecintanya. Tidak hanya dipandang lebih bagus, motor dengan perpindahan gigi ini disebutkan lebih kencang waktu dikendarai. 

Tetapi, tidak semua pengendara motor bisa menunggangi motor kopling, sebab pengendara harus dapat sesuaikan tuas kopling serta gas. 

Buat pengendara pemula, seringkali motor yang dikendarai malah mati dengan mendadak. Diluar itu, pengendara harus juga tahu bagaimana menanggapi motor kopling di tanjakan atau turunan. 

Tersebut hal yang perlu dilihat waktu berkendara dengan motor kopling di jalan naik serta alami penurunan. 

1. Belajar dengan Pengendara Memiliki pengalaman 

Untuk pelajari langkah menunggangi motor kopling, pengendara harus dipantau satu orang yang memiliki pengalaman. Coba turuti tips yang diberi. 

Langkah menunggangi motor kopling sendiri sebetulnya benar-benar gampang. Anda cuma harus melatih tangan kirimu untuk melepas kopling pada saat yang benar. Tidak lupa latih insting serta feeling-mu, supaya tidak kesusahan menunggangi motor dengan transmisi manual mana saja. 

2. Jangan Takut Latihan di Tanjakan 

Sesudah lancar meluncur di jalanan yang datar, waktunya Anda meluncur di tanjakan. Kerjakan ini secara baik. 

Menjaga kecepatan supaya tidak turun, modal awal naiki tanjakan ialah kecepatan yang konstan serta condong makin tinggi. 

Yakinkan kamu berada di persneling 3. Jangan masukan gigi lebih dari 3 sebab persneling yang besar tidak kuat menggerakkan motor di jalan naik. 

Saat kecepatan melambat bersamaan menanjaknya motormu, turunkan persneling di gigi 2. Motormu sedikit akan meraung sebab gigi ini membuat motor memperoleh daya dorong lebih maksimal. 

Bila masih di rasa tidak kuat untuk naik, selekasnya oper ke gigi 1. Ingat, yakinkan di gigi 1 jangan pernah kamu salah oper ke gigi netral. 

3. Jangan Meningkatkan Gigi Persneling Waktu Naik 

Ada banyak larangan waktu menunggangi motor kopling di tanjakan. Diantaranya mengoper persneling ke gigi yang semakin besar. Meskipun dalam kecepatan tinggi, ini tidak disarankan untuk dikerjakan. 

Sebab motor bisa kehilangan daya dorong, hingga pengendara cemas serta motor mati ditengah-tengah perjalanan. 

4. Melalui Turunan 

Meskipun awalannya susah, Anda pun harus tahu bagaimanakah cara menunggangi motor kopling di jalan alami penurunan. 

Siaga akan terdapatnya jalan lain serta kekuatan keluar masuknya kendaraan dari samping. Pakai engine brake untuk menolong pengereman. 

Pakai gigi 3 untuk kenyamanan dalam turunan.

Belum ada Komentar untuk "Cara Pakai Motor Kopling Saat Berada di Tanjakan dan Turunan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel