7 langkah Membersihkan dan Melumasi Rantai Motor yang Benar


Rantai adalah satu diantara elemen yang butuh mendapatkan perawatan teratur pada sepeda motor. Hal tersebut tidak lepas dari manfaatnya untuk melanjutkan tenaga yang dialirkan transmisi ke roda belakang. 

Jika tidak dirawat, elemen ini akan cepat kering serta kendur, hingga suara bising akan muncul saat motor dikendarai. Diluar itu, rantai motor yang kendur kurangi tarikan (akselerasi) motor. 

Karenanya, pemilik kendaraan harus rajin menjaga rantai motor. Ada tahapan-tahapan penting yang butuh dilihat pemilik kendaraan waktu bersihkan rantai motor. 

1. Pemilik kendaraan harus tahu type rantai yang terpasang. Rantai motor dibagi jadi 2 type, yaitu rantai biasa serta rantai type O-Ring. 

Untuk rantai biasa, proses pembersihannya lebih gampang sebab rantai type ini terbagi dalam logam-logam yang sama-sama tersambung. Sesaat untuk O-Ring, pembersihannya harus lebih berhati-hati sebab type ini memakai material karet untuk menyambungkan antar mata rantai. 

2. Yang perlu dikerjakan adalah menempatkan motor dengan tegak memakai standard tengah. Bila motornya tidak diberi standard tengah, dapat memakai paddock. 

3. Cek rantai motor serta sprocket gear. Beberapa detil yang butuh dicheck ialah tingkat keausan mata rantai. Coba goyangkan rantai ke kanan-kiri, serta menariknya ke belakang, bila benar-benar kendur, berarti rantai mulai aus. 

Tidak hanya rantai, yang butuh dicheck ialah sprocket gear. Jika mata gear pada elemen ini mulai menajam, pemilik kendaraan harus selekasnya menggantinya. Bila ingin ganti, dianjurkan rantai serta gear ditukar dengan bertepatan. 

4. Proses pembersihan rantai. Triknya, semprotkan rantai dengan cairan penetran, atau memakai minyak tanah. Lalu diamkan sesaat. 

5. Membersihkan rantai motor dengan sikat spesial atau sikat gigi yang tidak terpakai. Sikat rantai dengan perlahan-lahan serta yakinkan kotoran tersisa oli serta debu didepak. 

6. Menyemprot kembali rantai dengan cairan penetran atau minyak tanah. Proses ini akan membuat kotoran di seputar rantai serta gear rontok. Janganlah lupa keringkan rantai dengan lap kering. 

7. Lumasi rantai dengan cairan chain lube. Semprotkan chain lube di mata gear serta rantai dengan rata. Ingat, jangan sesekali memakai oli sisa untuk melumasi rantai, sebab oli sisa memiliki kandungan kotoran yang dibuat proses dari pelumasan di mesin. Diluar itu, oli sisa membuat debu serta kotoran melekat di rantai.

Belum ada Komentar untuk "7 langkah Membersihkan dan Melumasi Rantai Motor yang Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel